Sumber Gambar : DigitalMarketer.id |
Personal branding adalah sesuatu hal yang menonjol serta mendefinisikan diri sendiri agar lebih dikenal banyak orang, karena dengan hanya 1 hal saja publik mengenali seseorang. Ini akan menjadi acuan brand seperti apa yang ingin Anda bentuk Sebagai seorang pengusaha, sangat perlu membangun personal brand yang baik di mata publik. Hal ini maksudnya ialah agar orang-orang akan langsung mengenal dengan satu hal saja. Contohnya “Agnes Mo” orang pasti langsung mengatakan “Ia adalah penyanyi terkenal, dancer, dan aktris” inilah yang di sebut dengan personal branding seseorang.
Dengan membangun sebuah personal brand yang mudah dikenali banyak orang akan membuka peluang profesional yang sangat besar. Dalam dunia web yang sangat luas dan pasar saat ini, brand yang anda bangun ini akan mendefinisikan diri anda dan membantu anda mudah di kenali banyak orang. Ada beberapa faktor yang perlu d*** dalam membangun sebuah brand untuk diri anda, berikut adalah beberapa diantaranya ** membangun personal brand.
Tentukan siapa diri anda
Hal pertama yang perlu anda pahami adalah siapa diri anda, baik sebagai seorang individu ataupun sebuah brand. Untuk itu anda perlu dengan tekun membentuk pernyataan tentang visi personal anda dan dengan jelas mendefiniskan kontribusi unik yang berada dalam diri anda. Satu hal yang perlu adalah anda perlu membentuk diri anda seotentik mungkin. Tentu saja setiap orang akan menjadi dinamis dan tidak menolak perubahan, tetapi pasti ada beberapa hal yang selalu, dan akan selalu, anda cintai seumur hidup anda.
Keberhasilan anda untuk mendefinisikan diri sendiri memungkinkan anda untuk tampil secara natural.
Sumber Gambar : Bukapintu |
Tentukan nilai apa yang paling berarti bagi anda
Nilai yang anda tentukan itu pastinya lebih dalam dari hal-hal yang anda anggap paling penting dalam kehidupan anda. Bagi kita di Indonesia, refleksi akan nilai-nilai itu barangkali jarang untuk kita lakukan karena kita sering memegang prinsip ?alani dulu saja?tanpa menyediakan waktu untuk berpikir bahwa apakah yang kita jalani ini sesuai dengan keinginan kita atau tidak. Nilai-nilai ini juga sebenarnya sudah dibentuk di keluarga sejak kita dalam usia muda. Anda perlu menyadari orang-orang, pengalaman, dan rasa yang membuat anda benar-benar bahagia, lalu anda akan menemukan nilai anda di sana.
Perbanyak soulmate
Ubahlah fungsi teman anda menjadi soulmate yang diibaratkan seperti konsumen yang setia pada satu brand. Mereka tidak akan mudah berpaling dan selalu memberi koreksi saat Anda melakukan tindakan yang salah atau sebaliknya siap menjadi pembela saat ada 'kompetitor' yang menyerang. Soulmate akan membantu saat Anda jatuh, dan menjadi pengingat (reminder) yang membantu mengevaluasi diri Anda agar tetap berada pada jalur yang benar.
Mintalah umpan balik
Mintalah tanggapan dari orang-orang sekitar anda, ini adalah cara yang sangat baik dalam membentuk branding diri. Tentu saja anda menginginkan semacam bimbingan atau nasihat dari seorang profesional, tetapi anda tetap harus membangun strategi branding ini dengan orang lain di sekitar anda. Cobalah berbicara dan berkomunikasi dengan teman-teman, kolega, keluarga, maupun komunitas online yang anda ikuti, mintalah pendapat mereka dan dengarkan gagasan serta saran yang membangun dari mereka. Anda pasti akan terkejut karena mereka akan melihat hal-hal yang mungkin tidak anda lihat. Hal ini sangat membantu bagi anda karena bagaimanapun kita memiliki keterbatasan dalam melihat diri sendiri. Hal ini membuat anda jadi lebih memahami seperti apa sebaiknya anda melangkah.
Tentukan audiens anda
Menentukan siapa audiens kita namun yang lebih penting ialah apa kebutuhan mereka. Hal ini harus anda perhatikan agar anda lebih mudah dalam membuat ketepatan dalam membidik audiens yang tepat. Lihatlah dari berbagai sisi audiens seperti apa profilnya, tentukan bagaimana sebaiknya anda bicara, dan seperti apa sebaiknya anda menyampaikan agar dapat menyentuh hati mereka.
Buatlah website pribadi atau video profile
Di era digital ini segala sesuatunya jadi lebih mudah serta memiliki peluang besar serta kesempatan untuk bisa lebih luas dalam berinteraksi dan dilihat dunia melalui media sosial bahkan secara gratis. Gunakanlah peluang ini untuk menuangkan pemikiran serta aspirasi anda dalam website atau video profile yang dapat memperkuat citra diri Anda sebagai pribadi yang ramah, terbuka, dan selalu update dengan gaya hidup terkini.
Sumber : Blog UMY Community |
Bangun identitas yang jelas
Bila media sosial di gunakan sebagai sarana untuk berinteraksi maka bangunlah indentitas anda secara jelas disana. Hal ini juga berlaku pada seluruh akun media yang terhubung dengan anda misalnya LinkedIn, YouTube, Twitter, Instagram, Facebook, Pinterest, logo, URL atau situs-situs penting lainnya. Kalau dalam ranah offline, hal ini berarti kartu nama bisnis anda, flyer, dan brosur yang anda bagikan. Usahakan jangan sampai ada yang berbeda pada masing-masing media brand tersebut. Idealnya ketika seseorang mencari nama anda, mereka akan dengan mudah menemukan anda.
Buatlah sebaik mungkin
Anda perlu membangun personal brand sebaik mungkin, semenakjub mungkin, terutama ketika anda masih berada dalam kondisi yang biasa saja dan bahkan memulai dengan investasi uang yang relatif kecil. Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini dan mendorong diri anda untuk membuat apa yang anda mampu lakukan. Dan ketika anda sudah mulai dapat melakukan investasi lebih banyak, anda juga perlu fokus untuk membangun situs yang lebih dinamis dan lebih baik dari sebelumnya dengan mengisi konten-konten yang jauh lebih baik yang merepresentasikan keahlian anda. Desain visual atau situs adalah penting, namun lebih penting lagi jika kita melihat secara utuh bagaimana strategi personal branding yang akan kita jalankan.
Gratis bergabung dan dapatkan Dolar anda |
0 komentar: