14 Mar 2019

Proses Melamar Kerja Di Indomaret Hingga Tahap Penerimaan Karyawan





Ingin bisa lolos melamar kerja ke Indomaret? Baca sampai selesai ya.

Artikel ini di buat berdasarkan salah satu testimonial mereka yang telah melamar di Indomaret tahun 2018. Tercatat pada tahun 2010 terdapat 4.261 cabang minimarket Indomaret di seluruh indonesia dan ini berarti tahun ini sudah pasti terjadi peningkatan jumlah cabang.
Mengingat banyaknya cabang Indomaret di seluruh indonesia artinya perusahaan ini pun membutuhkan banyak tenaga kerja di dalamnnya. Rata-rata mereka yang melamar kerja disini adalah mereka yang baru lulus sekolah SMA sederajat dan ingin mencari pengalaman kerja.

Jadi jika anda merupakan orang yang baru lulus sekolah dan ingin mendapat pengalaman kerja (batu loncatan) saran terbaik saya coba di ritel ini.
Namun! perlu anda garis bawahi, Indomaret bukan batu loncatan bagi anda yang main-main. Mungkin banyak pelamar yang masuk dan banyak juga yang keluar, namun mereka tetap akan menyeleksi anda yang punya profesionalisme kerja.

Jadi plis jika kalian mau kerja, kerja dengan benar, jangan sebulan kerja sudah risen dengan alasan bosan bekerja.!

Kalian dapat melamar Via Online Disni
Namun saran saya anda sebaiknya langsung datang saja saat ada pembukaan lowogan. Darimana anda dapat info?
-Tanyakan ke pihak kasir indomaret, mereka biasanya tau.


Berikut ini merupakan Bagian atau posisi yang indomaret biasanya buka, perhatikan lebih dulu anda akan melamar ke posisi apa dan sudah sesuaikah anda dengan persyaratannya.

Kriteria dan persyaratan untuk posisi pramuniaga/kasir  dan bagian gudang
1. Pria minimal 165 cm
2. Wanita minimal 155 cm
3. Belum neikah
4. Siap di tempatkan di mana saja
5. Siap dengan system shifting
6. Siap bekerja pada hari libur, hari besar, hari libur nasional.
7. Tidak bertindik
8. Tidak bertato
9. Tidak buta warna
10. Tidak menggunakan narkoba.


Teknisi 
1. (pria) lulusan SMK jurusan teknik listrik/pendingin/ bangunan.
2. (pria) Usia maksimal 25 tahun, (wanita) usia maksimal 23 tahun.
3. Belum menikah
4. Siap ditempatkan di mana saja
5. Siap dengan system shifting
6. Siap bekerja pada hari libur, hari besar, hari libur nasional.
7. Tidak bertindik
8. Tidak bertato
9. Tidak buta warna
10. Tidak menggunakan narkoba.

Driver (supir)
1. Pria lulusan minimal SMP sederajat
2. Usia maksimal 40 tahun
3. Memiliki SIM B1/B2
4. Memahami rute tempat yang akan di lamar.
5. Berpengalaman mobil engkel/dobel.

Asisten kepala Toko
1. Pra/wnita usia maksimal 25 tahun
2. S1 semua jurusan IPK minimal 2,75
3. Status belum menikah
4. Menguasai Microsoft Office
5. Mempunyai jiwa leadership.

Berkas lamaran yang harus anda bawa :
1. Surat lamaran pekerjaan
2. CV atau Daftar riwayat hidup
3. Foto Copy ijazah terakhir
4. Foto Copy SKHUN terakhir
5. Foto Copy KTP 
6. Foto Copy Kartu keluarga
7. Foto Copy SKCK
8. Foto Copy NPWP (bila Ada)
9. Foto ukuran 3 X 4 dan 4 X 6 terbaru (foto jangan pakai kaos)

Bawalah dokumen-dokumen asli sebagai jaga-jaga saja apabila pihak penyeleksi meminta untuk menyingkronkan. Karena kabarnya di beberapa tempat ada yang diminta untuk memperlihatkan dokumen asli.

Kerja di Perusahaan parkir No 1 di Indonesia
Klik Gambar untuk buka Lowongan lainnya : Bekerja di Pelayanan Parkir No 1 di indonesia

Tahapan seleksi karyawan indomaret

Datang tepat waktu
Mintalah informasi pada pihak indomaret jam berapa interview akan di mulai, usahakan datang 30 menit sebelum proses di mulai, hal ini untuk menghindari anda mendapat antrian panjang atau di suruh pulang karena over kandidat.

Tahap Pemeriksaan
Setelah sudah waktunya, anda akan di minta baris oleh satpam barisan putri di depan dan putra di blakang. Setelah itu wanita berjalan lebih dulu masuk ke ruangan tes sambil menyerahkan dokumen yang kemudian di seleksi sembari cek tinggi badan dll di tahap ini bila dokumen ataupun kriteria tidak terpenuhi maka kandidat langsung dipulangkan begitupun barisan putra.

Tes tulis
Jika tahap pemeriksaan anda sudah lewati, artinya perusahaan menerima anda masuk dalam kriterianya, jadi tes selanjutnya adalah tes penentuan berdasarkan diri kalian sendiri. Kalian akan di bagikan lembaran tes, pertanyaanya bisa mudah bisa sulit, ini tidak seperti ujian UAS, kalian di lihat berdasarkan seberapa cepat anda mengerjakan, seberapa teliti anda mengisi, seberapa besar anda berusaha mengisinya. Jadi Kerjakan saja tidak perlu mencontek.!!

Tes wawancara
Jika Tes tertulis selesai, biasanya kalian akan disuruh menunggu karena pihak penyeleksi akan menilai hasil tadi. Kemudian kalian akan di kumpulkan dan di beri tau nama-nama siapa saja yang lolos dan tidak lolos (yang tidak lolos tetap semangat yaaa!!') Pada tahap ini, kalian akan berhadapan dengan HRD, tidak perlu takut dan gugup, gugup itu hanya dari dirimu sendiri. Saya tidak bisa menjelasakan apa yang HRD akan tanyakan ke anda tapi yang jelas kalian harus menjawab jika di tanya usahakan jangan bilang tidak tau (jawab saja semapu anda), mata jangan kembanyakan lirik sana sini, jangan menunduk saat bicara, jawab simple dan jelas, suara jangan terlalu kecil atau terlalu besar, gunakan bahasa formal, tangan letakan diatas meja, dan jangan lupa permisi sebelum masuk dan keluar (ini etika yang banyak orang lupa)

Pengumuman
Semua proses tersebut memakan waktu hingga sore. Mereka akan memeinta HP kalian tetap aktif. karena mereka akan mengumumkan anda di terima dan mengikuti training selanjutnya via SMS. Biasanya 1-7 hari pengumuman akan di berikan, dan bila lewat dari rentan tanggal tersebut artinya anda tidak masuk kriteria karyawan mereka (tidak lolos).

Training karyawan baru
Jika anda mendapat pesan untuk mengikuti Training, ikuti instruksi dari SMS tersebut, datang lebih awal, jangan lupa sarapan (penting) dan siapkan diri kalian tanamkan mindset bahwa anda sungguh-sungguh bekerja, karena hingga tahap ini sayang sekali jika anda gagal.

Penandatangan kontrak kerja
Jika Training selesai anda ikuti dan anda dinyatakan lolos seleksi, selnajutnya anda akan diminta untuk menandatangani kontrak kerja. Inilah yang saya bilang tadi anda jangan anggap ini pekerjaan main-main karena semua yang anda setujui diatas metrai adalah sah. Maka jadilah karyawan yang bekerja sesuai prosedur saja.

Upah yang diterima karyawan indomaret
Gaji karyawan indomart biasanya  di atas UMR wilayah setempat. Namun gaji ini di potong 1-5% untuk biaya jaminan kerja (hari tua), jaminan pensiun, dan jaminan kecelakaan kerja. Jadi gaji bersih pegawai Indomaret sekitar UMR setempat.


Persyraatan serta kriteria yang diminta oleh PT.Indomarco Prismatama (Indomaret) mungkin sewaktu-berubah misalnya peraturan satu wilayah dengan wilayah lainnya agak berbeda. Untuk lebih jelasnya anda bisa menanyakan informasi ini lebih detailnya pada pegawai Indomaret sekitar.


Latest
Next Post
Related Posts

14 komentar:

  1. Maaf kalo udh gagal tes terus mau ikut tes lagi boleh gak yah berapa jaraka waktunya ?

    Terus emang ada tes buta warnanya yah ?

    Soalnya saya buta warna :-'(

    BalasHapus
  2. Brapa gaji karyawan sbagai pramuniaga kota karawang

    BalasHapus
  3. Yang gagal tes bisa ikut tes lgi gak kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gagal bisa ikut lagi, gua 2x ikut di sulut tidak lolos.. sekarang yang ke tiga ,, doakan mudah2han lolos

      Hapus
    2. cuman ya lucunya elu ketemu ama HRD nya itu itu doang kwkwwkwkwkwk dia jadi inget ama elu .. kadang elu di ejek sih (becandaan doang)

      Hapus
    3. gua juga kadang ngejek tu HRD , jabatannya ngga naek naek + ngga ada mutasi tempat kerja(tempatnya itu itudoang) wwkwkwkwwkwk tapi tetep aja .. meski elu gagal.. elu bisa coba terus bro.. kan ada 3 sekarang... indomaret, alfamart dan alfamidi.. coba semua bro.. kalo gagal ikut terus ampe bisa minjem duit ke HRD

      Hapus
  4. Bismilah, saya bersungguh sunguh untuk kerja

    BalasHapus
  5. Halo, mau bertanya nih kira2 setelah lolos untuk mengikuti training. Apakah kamu disuruh untuk mengisi formulir pendaftaran training? Kalo iya kira2 isinya apa aja ya? Terima kasih.

    BalasHapus
  6. kalau, mau masuk pemberkasan lamaran. abis itu tahaap selanjutnya apa ya ?

    BalasHapus
  7. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para TKI dan TKW umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    BalasHapus