7 Jun 2017

Pengertian serta Kegunaan Masing-Masing Ekspansi Domain


Sumber Gambar : Google picture Abonu
Pernah anda merasa ingin tau kenapa harus ada akhiran url .com, .id, .co, .co.id, .ac, .id, dan masih ada lagi yang lainnya, akhiran-akhiran ini di namakan ekspasi domain. Ekspansi domain ialah akhiran sebuah url yang memiliki tujuan serta maksud dari situs tersebut dalam bentuk singkatan kalimat yang telah di patenkan.
Bila anda ingin tau lebih banyak mengenai Apa itu domain silahkan membaca artikel saya sebelumnya Disini. Secara umum ektensi domain di dunia sangat banyak namun berikut merupakan beberapa ekstensi domain yang paling umum biasanya orang pakai.

.id (milik Indonesia)

Ekstensi domain .id ini secara khusus ditujukkan untuk masyarakat Indonesia. Jika ingin menggunakan .id anda harus menyesuaikan penggunaan ekstensi ini agar sesuai dengan tema situs atau website anda. Contohnya, domain co.id yang ditujukan untuk badan usaha, bisnis, dan organisasi yang berbadan hukum, serta berbasis di Indonesia. Ada pun ektensi .net.id digunakan oleh badan usaha atau organisasi yang bergerak di bidang telekomunikasi indonesia, .ac.id diperuntukkan bagi Lembaga Pendidikan Tinggi indonesia, .sch.id yang dikhususkan bagi Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah indonesia, dan .or.id yang digunakan situs bersifat organisasi sosial atau organisasi yang ada di Indonesia.





Buat Domainmu di sini DomainNesia



Ekstensi Domain Yang Paling Umum Di Gunakan 

.com

Ekstensi .com merupakan ekstensi domain yang paling populer di dunia ekstensi ini masuk ke dalam Generic Top-Level Domains (GTLD). Ekstensi ini awalnya ditujukan untuk situs komersil dan merupakan kependekan dari Commercial. Namun seiring waktu ternyata penggunaan domain ini menjadi ekstensi sangat paling popular dikalangan siapa saja pelaku bisnis.

.net

Ekstensi ini merupakan singkatan dari networkingyang dikhususkan untuk penamaan yang berhubungan dengan jaringan, IT, perusahaan computer dan situs yang bersifat internet lainnya. Tidak ada syarat khusus untuk pendaftaran domain ini sehingga dapat digunakan untuk umum, seperti .com.

.org

Ekstensi ini merupakan singkatan dari Organization dan paling umum digunakan  situs website yang bersifat organisasi, lembaga, ataupun perkumpulan tertentu. Sama halnya seperti .com dan .net, ekstensi domain inipun tidak memiliki syarat khusus untuk digunakannya.


.info

.info merupakan singkatan dari Information dan biasanya digunakan untuk keperluan website yang bersifat informatif ataupun blog personal informative, dan tidak ada syarat kusus untuk menggunakannya.


.biz

Ekstensi ini umumnya digunakan oleh website yang bersifat bisnis dan merupakan kepanjangan dari kata business, ekstensi inipun bersipat publik dan siapapun dapat menggunakannya.

.int

Ekstensi ini digunakan untuk organisasi yang bersifat international

.edu

Berasal dari kata edukasi (educations) ekstensi ini digunakan untuk situs organisasi yang bersifat pendidikan atau lembaga pendidikan.

.gov

(government) yang artinya pemerintahan ekstensi ini digunakan untuk situs bersifat kepemerintahan tidak dapat di gunakan secara umum oleh siapa saja dan hanya di gunakan untuk situs kepemerintahan.

.mil

Ekstensi ini di gunakan untuk situs kemiliteran, situs tidak dapat di gunakan secara umum oleh siapa saja dan hanya di gunakan untuk situs kemiliteran.


Ekstensi Domain Dari Setiap Negara

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: