15 Jun 2017

Memulai Usaha Jualan Online



Jika Anda ingin menjalankan bisnis online, anda memerlukan beberapa bahan dan persediaan untuk memulai, meskipun tidak sama seperti jika anda menjalankan bisnis jualan pada kenyataanya berupa fisik. Begitu anda memiliki ide bisnis yang menarik, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara memulainya. Namun hal pertama  yang perlu anda persiapkan ialah mental serta finansial.


Lakukanlah riset pasar untuk menentukan siapa pelanggan anda nantinya dan bagaimana ada sebaiknya dalam memasarkannya. Terkadang anda dapat menerapkan strategi pemasaran tanpa biaya sementara di lain waktu anda mungkin perlu membayar sedikit iklan untuk memulai karena meskipun jualan online sering di sebut-sebut sebagai bisnis jualan tanpa modal namun hal ini tidak seutuhnya benar.
Baca artikel lainnya mengenai modal yang di perlukan untuk jualan online


Selanjutnya anda dapat menuliskan rencana bisnis secara terperinci termasuk misi bisnis Anda, siapa target pasar Anda, bagaimana Anda merencanakan untuk mendapatkan uang, risiko apa yang mungkin akan terjadi dan lain-lain. 
Rencana bisnis ini pasti akan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar. Mudah-mudahan anda tidak perlu mencari dana tambahan atau membuat pinjaman karena bisnis jualan berbasis online biasanya tidak memerlukan biaya start-up yang sangat besar. 


Akhirnya, Anda akan ingin mempertimbangkan untuk membuat situs web profesional untuk menampilkan layanan atau produk yang di jual. Jika Anda hanya menjual barang secara online anda mungkin tidak memerlukan situs web namun sebaikanya anda memiliki blog gratis sebagai media informasinya. Karena memulai bisnis jualan online dapat di mulai dengan modal yang lebih minim, sehingga cara ini lebih efektif dan sedikit memiliki resiko rugi. 

Jika Anda ingin memulai bisnis jualan berbasis online, saran terbaik saya adalah memulainya dengan minat anda serta waktu yang benar-benar anda siapkan untuk berjualan sehingga anda tidak merasa terbebani saat menjalankannya.
Baca artikel lainnya mengenai bisnis atau bekerja


Agar bisnis berbasis online dapat berjalan dengan baik, anda juga memerlukan sarana lain sebagai pendukung berjalannya bisnis ini diantaranya ialah :



Komputer atau smartphone

Namun saya lebih suka menyebut keduanya, jika anda benar-benar serius ingin menjalankan bisnis jualan berbasis online ada baiknya anda menggunakan keduanya. Adakalanya ada situs yang tidak nyaman bila harus di muat di sebuah layar smartphone karena kekecilan atau kadang kurang mendukung untuk multi upload misalnya, maka dengan menggunakan komputer hal tersebut bukan menjadi masalah lagi.
Sedangkan smartphone di gunakan untuk hal-hal yang lebih fleksibel misalnya anda ingin tetap berjualan online meskipun anda sedang menghadiri sebuah pesta sekalipun.
Namun bukan berarti jika anda hanya memiliki smartphone keinginan untuk memulai bisnis online anda urungkan.




Pemilihan Produk

Pilihlah produk yang yang tepat untuk pasar anda setelah melakukan perencanaan awal tadi. Dapatkan prodak anda dari suplaier yang benar-banar dapat dipercaya serta prodaknya telah banyak di pesan orang lain dan memiliki reputasi yang baik.
Anda mungkin perlu berinvestasi pada produk pada awalnya (jika anda memutuskan untuk menjadi seorang reseller) atau atau berinvestasi dengan membayar sebagai anggota di salah satu situs dropship (jika anda memutuskan menjadi seorang driopshipper). Namun anda juga yang benar-benar anda dapat mulai secara gratis misalnya Tokopedia, idaff marketplace, lazada, dan lainnya.


Website 

Jika anda bermaksud untuk mengembangkan sayap jualan anda, hal selanjutnya yang sebaiknya anda pertimbangkan adalah membuat situs web profesional anda dapat membelinya di situs penyedia jasa pembuatan website seperti DomaiNesia atau lainnya. Namun untuk permulaan anda dapat membuat website berupa blog secara tidak berbayar dengan Blogspot, weebly dan lainnya yang mana hal ini sebagai toko anda menyimpan informasi serta prodak yang anda jual.





Anggaran iklan

Dalam berjualan sudah hal yang pasti untuk melakukan promosi prodak. Promosi ini dapat dilakukan tanpa modal dan dengan modal. Tanpa modal misalnya anda mempromosikannya melalui situs sosial dengan menawarkan prodak serta sedikit rayuan agar mereka tertarik membelinya. Dan menggunakan anggaran dengan promosi atau beriklan. Itulah sebabnya saya mengatakan di awal menganai keungan. Dari yang paling banyak orang gunakan dalam beriklan mereka menggunakan facebook Ads sebagai pilihannya hal ini karena facebook Ads memiliki jangkauan yang baik dan lebih praktis atau Adsense milik google dan lainnya.




Sumber Gambar :
services.amazon.in
The Verge
http://marketingdigest.com/
Stream SEO





Daftar tanpa BAYAR Jualan tanpa PODAK
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: