18 Mei 2017

Bekerja di rumah dengan menjadi freelancer

Sumber Gambar : www.uvocorp.com

Bagi anda yang sedang menanti-nantikan kapan perusahaan “itu” membuka lowongan pekerjaan, atau anda telah mencoba melamar kesana sini namun belum  mendapatkan titik terang, mengapa tidak mencoba bekerja secara freelance saja sambil menunggu waktu?. Lagipula internet kini banyak memberikan kemudahan bagi anda yang ingin bekerja dengan hanya memanfaatkan media internet yang anda miliki.

Bekerja freelance

Menurut kamus Wikipedia freelance artinya "tenaga lepas" atau "pekerja lepas" untuk seseorang yang melakukan suatu pekerjaan. Di mana seseorang dapat menjadi tenaga lepas meliputi bidang: jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, dan bentuk-bentuk menulis, redaktur, redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah. Profesi freelancing (pekerja lepas) di Indonesia sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Sejak dulu telah banyak orang Indonesia melakukan pekerjaan paruh waktu mulai dari sektor informal seperti menjadi tukang parkir atau kuli bangunan lepas sampai ke sektor formal seperti menjadi penterjemah tersumpah, konsultan, ghost writer dan lain-lain. Pembayaran untuk pekerjaan lepas juga bervariasi. Pekerja lepas mungkin mengenakan biaya pada klien mereka dalam hitungan per hari, per jam, per halaman, atau pada basis per-proyek. Beberapa pekerja lepas telah mengadopsi metode "harga berbasis nilai" berdasarkan persepsi nilai dari yang mereka hasilkan untuk klien. anda telah melakukannya. Dari beberapa macam jenis pekerjaan freelance berikut diantaranya merupakan rekomendasi pekerjaan freelance yang tergolong langsung akan membayar bila anda telah menyelesaikannya :


Menjadi penulis/writer

Bagi anda yang gemar menulis, mengapa anda tidak manfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang bagi anda. Carilah website atau blog yang memang membuka kesempatan bagi siapa saja sebagai penulis kontenya. Hal ini pun tentu harus di sesuaikan dengan niche anda misalnya bila anda membidangi konten-konten edukasi cobala bergabung di website atau blog yang membahas mengenai edukasi agar anda lebih nyaman dalam bekerja. 
Anda dapat mencari informasi tersebut melalui Google atau anda bisa mencarinya di situs freelancer (link) dan freelancer untuk indonesia (link) atau anda bisa masuk ke website yang anda ingin lalu cari pada pagian informasi seputar website serta kontak website, anda dapat berinisiatif dengan cara bertanya melaui emailnya.


Data entry

Bila anda merasa memiliki kemampuan di bidang administrasi dan memahami kerja MS office, coba manfaatkan kemampuan anda dengan menjadi data entry melalui situs freelancer. Tugas yang mereka berikan rata-rata adalah tugas yang biasanya kebanyakan orang pasti dapat kerjakan. Seperti diantaranya menyalin tulisan dari word ke excel karena harus di buat dalam tampilan table. Anda dapat temukan pekerjaan ini di situs freelancer atau freelancer Indonesia.


Customer service

Jika anda berpengalaman sebagai customer service dan menyukai hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan, anda dapat mencoba menjadi customer service dan bekerja di rumah. Tidak perlu anda bekerja 8 jam di kantor dengan menjadi customer service freelance anda santai mengerjakan pekerjaan anda hanya sekitar 3 jam dalam sehari. Ssama halnya anda melamar ke prusahaan pada umumnya, anda pun akan mendapatkan serangkaian tes yang di tujukan pada anda dalam prosesi pelamarannya. Mungkin akan sedikit membuat anda bingung tapi yakinlah bagaimanapun anda harus menjawab, tetaplah pada pendirian anda bahwa tujuan ini semua adalah anda akan menjadi pelayan pelanggan (customer service)
Untuk lebih jelasnya mengenai  Peluang Kerja Freelance menjadi Customer Service silahkan baca artikel saya Disini


Menjadi tim Marketing

Menjadi tim penjual prodak juga merupakan cara yang tergolong cepat untuk menghasilkan uang di dunia freelance. Anda akan mendapatkan bayaran hari itu juga ketika prodak anda laku terjual hari itu juga.
Bergabunglah bersama market lain yang mempersilahkan anda join sebagai mitra kerjanya. Dengan adanya media sosial di internet ini dapat sangat membantu anda dalam mengembangkan bisnis jualan/marketing anda. Dalam bidang penjualan, ada empat macam jenis cara menjual yaitu sistem jualan dengan cara seller, reseller, reseller dropship, dan affiliater marketing anda dapat pelajari ke empatnya pada artikel saya sebelumnya (Klik di sini untuk baca
Untuk kedepannya bila anda menemukan passion anda di bidang ini, belajarlah untuk mengembangkan bisnis marketing ini dengan dengan bimbingan para mentor. Saya jamin tidak ada yang terlalu mahal untuk ilmu yang akan anda dapat. 


SEO

“Search Engine Optimization (SEO) atau Optimisasi Mesin Pencari" adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.” tuags dari seorang SEO ialah melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”. 


Virtual Assistant

Virtual assistant adalah seseorang yang membantu pekerjaan orang lain dari jarak jauh seputar pekerjaan-pekerjaan kantor. Sama halnya sekertaris, bekerja sebagai virtual assistant pun tidak jauh seperti itu hanya saja kini anda dapat melakukannya di rumah.
Apa yang harus dimiliki oleh seorang virtual assistant. Beberapa hal yang menjadi modal utama seorang virtual assistant adalah : 
Kemauan 
Keahlian 
Komitmen 
Perangkat teknologi setidaknya komputer dengan jaringan internet dan juga smartphone.


Desain logo/grafis

Anda dapat menggunakan Photoshop dengan baik, senang membuat editan-editan serta tergolong kreatif? coba gunakan keahlian anda tersebut menjadi desainer logo. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desainer logo untuk prodak-prodak mereka. Anda akan mendapat  bayaran dari 1 logo yang berhasil di pilih oleh perusahaan untuk di gunakan sebagai logo dagang dengan harga yang cukup mahal. Pengalaman dari kawan saya yang seorang desainer logo ia mendapatkan bayaran $ 700 atau Rp. 9.100.000,- (untuk krus 13.000,-) dari 1 logo yang berhasil di pilih. 
Anda dapat mengajukan diri sebagai kreator di situs-situs freelance seperti sribu (Situs Indonesia) atau fiverr atau anda dapat menlamar ke situs freelancer dan memilih tugas sebagai desainer.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis pekerjaan yang dapat anda kerjakan sebagai pekerja lepas. Untuk lebih lengkapnya anda dapat mencari jenis-jenis pekerjaannya di situs terkait. Silahkan mencari di Google dengan kata kunci pekerjaan tersebut serta mencari tau informasi kejelasan perusahaannya dulu sebelum anda bergabung.
Banyak manfaat yang akan anda akan rasakan meskipun anda hanya bekerja sebagai tenaga freelance contohnya pengalaman tersebut anda dapat lampirkan sebagai bukti mendukung pekerjaan yang sedang anda lamar nantinya.
Menjadi freelancer juga tidak membutuhkan modal dalam proses lamarannya hingga bekerja, bahkan anda justru mendapatkan bayaran yang lumayan besar bila bayaran dalam bentuk dolar.

Namun inilah kekurangannya anda menjadi freelancer ialah karna anda bukan sebagai karyawan tetap artinya bila pekerjaan anda telah selesai memungkinkan masa kerja anda juga selesai berarti anda harus mulai melamar sebagai freelancer lagi. Kekurangan lainnya anda juga harus memiliki koneksi yang baik untuk mendukung pekerjaan ini.


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: