18 Mei 2017

Bagaimana caranya agar anda dapat mencintai pekerjaan anda


Sumber Gambar : Google picture

“saya merasa terjebak, jika pada akhirnya saya tau akan jadi begini saya tidak akan bekerja di perusahaan ini sampai sejauh ini” 

Demikianlah cuplikan percakapan dari salah seorang kawan saya yang pada saat itu bekerja di perusahaan yang sama dengan saya. Bila bagi anda bekerja adalah sebuah beban yang berat, maka sampai kapanpun hal tersebut akan terasa berat. Percayalah bahwa apa yang anda katakana itulah yang akan menjadi motivasi anda, baik itu hal positif maupun negatif.

Jadi mulai sekarang cobalah untuk mencoba mencintai pekerjaan yang saat ini sedang anda jalani. Berikut merupakan cara yang dapat anda terapkan untuk mengubah rasa jenuh dalam bekerja.


Berfikir positif

ini merupakan langkah paling awal berkaitan dengan perasaan anda yaitu pikiran anda. Menurut riset kesehatan, berfikir positif selain membuat anda merasa lebih tenag, kkessehatan anda jadi lebih baik ketimbang orang yang selalu berfikiran negatif. 
Berpikir positif merupakan hal yang sangat baik untuk diri anda sendiri bahkan untuk lingkugan anda. Ubah pikiran anda mengenai orang-orang yang anda tidak sukai di tempat kerja, mungkin sebenarnya mereka tidak bermaksud membuat anda tidak menyukainya. Lihat dari berbagai sisi baiknya juga bisa membuat anda lebih tenag.


Anda orang yang beruntung

Pernah anda berfikir anda sebenarnya adalah orang yang beruntung ketimbang orang lain yang sampai sekarang masih belum mendapat pekerjaan meskipin telah melamar kesana sini atau bahkan ada orang yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Ada yang bilang peluang kerja memang banyak, tapi mendapatkan pekerjaan itu tidak mudah. Jadi, bila anda telah bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi yang baik serta tidak pernah bermasalah, syukurilah bahwa sebagai orang yang beruntung.


Menikmati

Setelah anda berpikir positif selanjutnya kepositifan tersebut anda tularkan ke pekerjaan anda. Anggaplah pekerjaan tersebut adalah hal yang membuat anda senag. Ini adalah mata pencarian anda, anda mendapatkan ini itu beli ini itu karena anda telah menyelsaikan pekerjaan ini. Maka cobalah untuk menikmati apa yang anda kerjakan.
Nikmati juga waktu yg anda miliki, nikmati setiap hal yang ada si sekitar lokasi kerja anda contohnya anda senag bila anda pergi ke taman depan kantor anda untuk sejenak menyendiri saat jam istirahat, maka coba lakukan hal tersebut dan nikmati setiap hal yang anda lakukan.


Menghargai

Selama ini anda bekerja dengan tenaga anda, dengan dedikasi anda serta loyalitas anda. Bila anda mengeluh hal tersebut justru membuat diri anda sendiri down. Cobalah hargai diri anda dengan sering-sering member pujian kepada diri sendirri saat telah berhasil menyelsesaikan tugas yang perusahaan beri.
menghargai orang lain saat ada yang berpendapat atau berbicara dengan anda, adalah yang akan membuat diri anda pun di hargai oleh orang lain. Bila anda melakukannya dengan baik orang lain cenderung akan sama membalas kebaikan anda. Hal ini akan membuat anda lebih asik degan mereka.


Jiwai pekerjaan

Mulailah untuk menjiwai peranan anda dalam pekerjaan ini. Jiwai pekerjaan dan kerjakan semua pekerjaan anda seakan memang anda telah menguasai bidangnya. Buat diri anda memang berkompeten pada bidangt ini. 
Buatlah branding pada diri anda bahwa ketika anda orang yang ingin mengetahui mengenai bidang pekerjaan ini, anda dapat menjawabnya dengan baik dan akurat. Yakinlah ketika anda mendapat pujian dari orang hal tersebut dapat menambah kepercayaan anda dalam bekerja.


Lakukan yang terbaik

Lakukanlah yang terbaik dalam pelaksanaan tugas-tugas yang perusahaan percayakan kepada anda. Karena bekerja juga merupakan sebagian dari ibadah, maka demikianlah kita seharusnya berpatokan. Saat anda melakukan semua dengan sebaik mungkin sebisa anda, apapun jadi lebih berharga di mata anda dan di mata orang lain.


Dan bila anda telah benar-benar yakin untuk memutuskan untuk berpindah ke lain pekerjaan, jangan lupa untuk melakukan hal-hal tersebut di temat pekerjaan baru anda. Mungkin akan banyak adaptasi di lingkungan baru anda, tapi yakinlah jika anda terus berusaha menikmatinya semua akan jauh lebih mudah. Berfikir positif adalah cara paling ampuhanda dalam menyikapi kejenuhan anda dalam bekerja.
Bila anda pada akhirnya harus keluar dari perusahaan, maka keluarlah dari perusahaan tanpa meninggalkan kesan yang buruk hal ini akan membuat anda selalu dihargai oleh orang lain di manapun anda berada. 


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: