26 Jul 2017

7 Cara Agar Wawancara Kerja Berpeluang Sukses


Setelah anda megajukan lamaran kerja dan di telepon untuk mengikuti wawancara kerja, maka hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah anda wajib datang lebih awal (paling tidak 15 menit sebelum jam yang ditentukan). Hal ini berarti anda juga telah berpakaian sopan dan rapih sekalipun  perusahaan tidak memintanya.

Jangan lupa membawa alat tulis

Ini sering beberapa orang lupakan (bahkan saya sendiri pernah), padahal bila di panggil wawancara sudah pasti pada akhirnya akan di sodorkan lembar formulir atau sejenisnya. Bawalah alat tulis lengkap, perusahaan sedang melihat apakah anda orang yang niat kerja atau hanya sekedar mencoba-coba kesempatan ini.


Sabar Menunggu

Sebenarnya menunggu itu hal yang sangat menyebalkan, namun beberapa perusahaan menggunakan trik ini untuk melihat apakah kandidatnya orang yang sabar atau tidak. Bahkan saya pernah menunggu hingga 7 jam (serius) Cuma untuk menunggu wawancara selanjutnya karena HRD harus menenui klien dan menyeleseaikan pekerjaan.


Etika Masuk ruangan

Bila tiba giliran anda untuk diminta masuk ke ruangan interview, maka segeralah masuk dengan langkah yang tenag.
Saat anda di minta oleh HRD masuk keruangan, maka masuklah.

Bila anda di bukakan pintu katakan “terimakasih”
Bila anda yang membuka pintu maka katakana “permisi” jangan lupa menutup pintu kembali.

Jangan duduk sebelum HRD mengatakan “duduk”, Ketika anda di persilahkan duduk katakan “terimakasih”.


Etika Bicara

“tips agar tidak gugup : tarik nafas dalam-dalam, bila memungkinkan anda minum sebelum anda di minta masuk, berdoa sebelum berbicara, berikan senyum dan anggaplah yang ada di depan anda orang yang anda kenal selama ini’
Berikan salam selamat pagi/siang/sore. Saat HRD bertanya anda jawab dengan sopan dan simple, jangan bicara saat HRD anda sedang bicara, jangan mengada-ada “bersikaplah jujur”.

Lihatlah lawan bicara anda, namun bukan berarti anda menatap mata HRD terus menerus ini tidak sopan dan terkesan anda sedang memantang. Lihatlah kearah depan lawan bicara anda dan jangan menunduk.


Berikan kesan yang baik

Saat di tanya mungkin anda tau banyak hal namun anda jangan menunjukkan sikap sok tau, dan apabila anda tidak tau jangan asal katakana tidak tau. Karena perusahaan membutuhkan pegawai yang patuh dan selalu mau belajar dan bukan juga pegawai yang sok tau sampai tidak mau di patuh pada SOP perusahaan.


Katakan Maaf

Bila anda tidak dapat menjawab pertanyaan yang HRD berikan atau memenuhi permintaan perusahaan saat wawancara ini katakana maaf dan berjanjilah bahwa anda akan berusaha lebih baik lagi nantinya.



Katakan Terimakasih

Ucapkan terimakasih atas kesempatan ini meskipun misalnya anda gagal dalam hasil wawancara ini karena anda tidak memenuhi kriteria perusahaan.

Dokumen lamaran kerja merupakan langkah awal bagi perusahaan melihat garis besar kandidatnya secara visual.

Wawancara kerja adalah saat dimana perusahaan melihat anda yang sebenarnya secara nyata, dan mencocokkan apakah anda masuk kriteria perusahaan atau tidak. (visual + nyata)

Training adalah saat anda dinilai oleh perusahaan lebih banyak lagi bukan hanya secara visual namun secara nyata. Dan lebih menitik beratkan pada kinerja anda untuk perusahaan.


Sumber Gambar :

https://fthmb.tqn.com/-dZyHNK-ENmFPDKnOAV-mJRvjSk=/2125x1416/filters:no_upscale():fill(transparent,1)/about/GettyIm
ages-580746883-5682ed455f9b586a9ef9a26b.jpg





Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: