3 Mei 2017

Tips Anti Gagal Saat Melamar Kerja


Sumber Gambar : Google

Saat ini anda benar-benar sangat membutuhkan peluang kerja yang pasti, akhirnya anda mendapat info peluang kerja dan akan melamar kerja namun anda masih  bertanya-tanya apakah peluang tersebut benar-benar dapat di percaya atau tidak.
Daripada anda terus bertanya-tanya ada baiknya anda terapkan beberapa tips singkat berikut yang kebetulan ini di ambil dari pengalaman saya sendiri.


Info lowongan Jelas

Pastikan bahwa perusahaan yang anda akan tuju adalah perusahaan yang benar-benar sedang membuka lapangan pekerjaan, artinya ini harus benar-benar anda tau sendiri dan bukan informasi yang anda dapatkan Karena “katanya-katanya” atau kepastiannya tidak jelas. Tadinya hal ini sering saya abaikan alhasil dari ketidak telitian saya menghasilkan kesia-siaan karena ternyata perusahaan yang saya datangi sudah tidak membuka lowongan lagi. Pastikan dengan benar mengenai informasi lowongan pekerjaan tersebut, temukan info kejelasannya melalui website resmi perusahaan tersebut (bila perusahaan tersebut memiliki website).


Kelengkapan dokumen

Hal kedua yang paling penting adalah kelengkapan dokumen, dokumen ibarat jembatan antara anda dan perusahaan. Ada 2 kemungkinan tahap wawancara yang di lakukan oleh perusahaan, ada yang di awali dengan melihat orangnya langsung atau melihat kelengkapan dokumenya, namun keduanya saya katakana sama-sama penting Dokumen lamaran kerja ibarat jembatan antara anda dan perusahaan, usahakan dokemen-dokumen tersebut lengkap dan harus di masukkan kedalam amplop coklat besar atau map dokumen. Kelengkapan dokumen inti tersebut diantaranya :
1. Lembar lamaran pekerjaan
2. Daftar riwayat hidup
3. Foto copy Ijazah
4. Foto copy SKHUN
5. Foto copy SKCK
6. Foto copy Surat keterangan sehat
7. Foto copy Kartu keluarga
8. Foto copy KTP (taruh paling depan susunan dokumen)
9. Foto 3X4 dan 4X6 (taruh paling depan susunan dokumen)
10. Foto copy sertifikat (bila ada)
11. Foto copy lembar pengalaman kerja (bila ada)
Semuanya di Striples atau di jadikan satu dengan flip paper agar tidak berantakan. Susulan dokumen lainnya biasanya seperti Foto copy buku bank, dan foto copy NPWP (bila telah di terima bekerja).

Tulislah surat lamaran dengan rapih dan benar menggunakan bahasa yang formal/sopan hindarilah coretan dengan menggunakan tipX, usahakan pakai pulpen warna hitam, hal ini di maksudkan agar warna tulisan dengan lembar hasil foto copy jadi sama-sama “Hitam”, tulislah surat lamaran kerja dengan jelas tidak perlu bertele-tele dan singkat saja. Cantumkan Informasi diri anda dengan benar dan jelas.


Diri anda sendiri

Dan hal yang sama-sama penting dari semuanya adalah diri anda sendiri. Anda sendiri adalah penentu kenapa perusahan harus mempekerjakan anda. Bila anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tersebut yakinlah bahwa anda mampu dan tunjukkan kepada perusahaan dengan percaya diri bahwa anda pantas mendapatkan posisi tersebut.  Pada dasarnya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan berarti perusahaan tersebut sedang benar-benar membutuhkan pekerja “bila perusahaan butuh - anda juga butuh” jadi apa lagi ? Maka tampilkanlah yang terbaik.!!


Ingin mencoba bekerja Online dengan Freelancer ? Situs kerja online terbesar di dunia.
Anda banyak lowongan pekerjaan yang bisa kamu coba di Freelancer, kembangkan dirimu dengan hal-hal yang baru.



Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: